Rabu, 09 Juni 2010

Tentang Blogwalking

Blogwalking ? dikalangan para blogger kemungkinan istilah ini sudah familiar diingatan mereka termasuk juga saya yang hampir tiap kali melakukan aktifitas ini. Blogwalking bagi para blogger merupakan sarana untuk mempromosikan blog yang dimilikinya sekaligus membangun “backlink”. Kata Kyai Zainudin MZ “betul ?”.
Mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar dari postingan yang punya blog itulah yang disebut blogwalking. Aktifitas inipun tidak menutup kemungkinan sebagai tempat membangun relasi antar blogger. Bisa juga sebagai lahan mencitrakan blog yang dimiliki oleh yang beraktifitas blogwalking.
Namun aktifitas blogwalking ini sering juga disalah gunakan sebagai lahan “nyepam” komentar. Artinya meninggalkan komentar tapi tidak sesuai dengan tema postingan. Misalnya postingan ini nanti ada yang berkomentar “blognya dah tak kunjungi kunjungi balik ya”, atau cuman meninggalkan koment berupa linknya, dan lain sebagainya. Hal semacam ini sama sekali tidak menghargai pemilik blog. Saya yakin siapapun bloggernya, jika menjumpai komentar yang melenceng dari tema posting merasa tidak nyaman. Kata upin “betul betul betul”.
Naa untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pelaku blogwalking jika ingin ninggalin komentar. Yaitu :
1. Berkomentarlah sesuai dengan tema.
2. Pergunakanlah bahasa yang baik dan sopan, gaul juga boleh.
3. Hindari menaruh link blog saja dalam komentar
Perlu diingat bahwa blogwalking sebenarnya aktifitas saling menguntungkan lho.Menguntungkan dari sisi berbagi pengalaman, menguntungkan dari sisi kepercayaan, menguntungkan dari sisi relasi dan lain sebagainya.
Bagaimanapun juga, postingan ini hanya sebuah spontanitas dari saya. Jadi masih banyak yang perlu dikritisi disana-sini. trimakasih
Ada tambahan ?

4 komentar:

hakim mengatakan...

dari sisi backlink belum tentu sob, karena terganting blognya dofollow atau nofollow..

newbie mengatakan...

@hakim : makasih mas atas ralatnya

rizal mengatakan...

saya suka BW selain banyak hal baru yang saya dapt juga banyak teman baru yang saya jumpa..bnusnya backlink

Agus Siswoyo mengatakan...

banyak manfaat yang bisa diambil dari blogwalking. lebih baik langsung dipraktekkan daripada diomongkan. sip deh, tetap semangat ya...!

Posting Komentar