Kamis, 06 Mei 2010

Era Shift-Shift-an

Berhati-hatilah buat Anda yang bekerja secara shift. Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa bekerja secara shift atau bergatian dapat meningkatkan risiko terkena sindrom iritasi usus (IBS). "Kita tahu bahwa orang-orang yang berpartisipasi dalam kerja shift sering mengeluhkan gejala seperti sakit perut, sembelit dan diare, ini adalah gejala yang sama dengan IBS," kata Dr Sandra Hoogerwerf, asisten profesor penyakit dalam di University of Michigan Medical School dalam sebuah rilis berita universitas.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 399 perawat, ia dan rekan-rekannya menemukan bahwa mereka yang melakukan kerja shift, lebih mungkin untuk mengembangkan sakit perut dan IBS daripada orang-orang yang bekerja siang hari dengan jadwal normal, seperti dilansir HealthDay, baru-baru ini.

"Kita tahu usus besar memiliki jam biologis sendiri dan itulah yang meningkatkan kemungkinan memiliki buang air besar dalam enam jam hari pertama," kata Hoogerwerf. "Kerja shift dapat menyebabkan gangguan kronis ritme biologis itu, menciptakan gejala diare, kembung, sembelit dan sakit perut dan ketidaknyamanan," katanya.

Temuan penelitian tersebuat menunjukkan bahwa gangguan tidur tidak sepenuhnya menjelaskan hubungan antara kerja shift dan IBS atau sakit perut. "Pada dasarnya IBS dan nyeri perut merupakan manifestasi dasar dari gangguan ritme sirkadian," ujar Hoogerwerf. Studi ini dipublikasikan secara online baru-baru ini dalam America Journal of Gastroenterology.


Dari beberapa uraian diatas tadi,hanya sebatas referensi untuk mereka yang sedang terlibat dalam pekerjaan shiftnya. yah semuanya memang ada resikonya kan ? tinggal bagaimana cara kita mengatasi resiko itu. Selamat bekerja semua, jaga kondisi raga anda, akar terus mampu berkarya sampai titik darah penghabisan....
trimakasih...

3 komentar:

darahbiroe mengatakan...

wah
aku salah satu dari sekian juta pekerja yang shift shifan
heheh
thanks yaw
:D

antokcupu mengatakan...

hmmmm
benarkah begitu adanyua
thanks yaw
:D

rizal mengatakan...

untung aku nggak kerja shif..

Posting Komentar